Kamis, 02 Desember 2010

PROGRAM SEKOLAH 2007-2008


BAB I

                        PENDAHULUAN


1.      Latar Belakang

Di dalam GBHN dan Tap MPR No. II/MPR/1993 menyebutkan bahwa “titik berat pembangunan pendidikan diletakkan pada peningkatan mutu dan perluasan pendidikan dasar menengah dalam rangka menuju penetapan pelaksanaan wajib belajar serta meningkatkan perluasan belajar di tingkat menengah.”
Sebagian penjabaran amanat GBHN tersebutkedalam tindak nyata di sekolah diperlukan seperangkat petunjuk pelaksanaan yang dapat memberikan pemahaman dan pengertian serta pedoman yang sama bagi semua pengelola pelaksanaan pendidikan dasar menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan tertanggal 31 Januari 1987 Nomor : 014/C/Krp/87 maka setiap sekolah diwajibkan menyusun kalender pendidikan sekolah secara lebih terinci sesuai dengan Bab VIII pasal 19 ayat 2.
      Kepala kantor Departemen pendidikan Nasional mengatur dan mengawasi lebih lanjut dalam pelaksanaan menyusun kalender pendidikan oleh sekolah dalam lingkungan wilayah masing-masing sesuai dengan maksud petunjuk pelaksanan ini serta pasal 20.
      Surat keputusan berlaku untuk semua sekolah/kursus baik negeri maupun swasta dalam lingkungan pembinan Dirjen Pendidikan Nasional, Pendidikan Dasar dan menengah. Sutrat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan  dan Kebudayaan Propinsi Jawa Timur tanggal 3 Juni 1987 No. 351/104/1987 suratn keputusan tentang hari sekolah dan hari libur sekolah khusus dalam lingkungan kanwil Departemen Pendidikan dan kKebudayaan Profinsi Jawa Timur tahun pelajaran 2005-2006 memberkan petunjuk lebih lanjut pelaksanaan SK Dirjen Dikdasmen tersebut.
      Pelaksanaan tersebut tergantung sepenuhnya pada peran serta dan peran nyata serta kerjasama seluruh tenaga kependidikan di bawah pimpinan Kepala sekolah serta Komite sekolah.
Program kerja tahunan Kepala Sekolah Dasar ini berdasarkan pula pada buku petunjuk pelaksanaan  peningkatan mutu pendidikan dasar, bahwa dsamping kalender pendidikan dasar, kalender pendidikan Kepala sekolah wajib menyusun Program kerja Tahunan.

2.      Tujuan

Program kerja tahunan Kepala SDN. Kedungdoro III/308 ini kami susun agar :
1.      Kami dapat memberikan arah dan tuntunan kerja kepada segenap personil yang ada di lingkungan kami, baik guru, peserta didik, orang tua serta Komite sekolah sehingga tercapai koordinasi seluruh aparat tersebut.
2.      Kami dapat melanjutkan dan menyempurnakan program kerja tahun pelajaran yang lalu berdasarkan masukan dan pengeluaran serta umpan balik yang telah kami lakukan tahun 2006-2007.
3.      Program kerja sekolah ini menunjang pelaksanaan kurikulum dan tugas-tugas lain yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan tahun 2005-2006 serta sebagai landasan untuk menyusun program kerja ditahun yang akan datang.




BAB II
DATA OBYEKTIF KEADAAN SEKOLAH
TAHUN AJARAN 2007-2008


1.      DATA SISWA SDN. KEDUNGDORO III/308

KELAS
L
P
JUMLAH
I
20
12
32
II
17
12
29
III
26
27
53
IV
25
18
43
V
20
21
41
VI
17
27
44
JUMLAH
125
117
242


2.      DATA PERSONIL PENGAJAR

NO.
NAMA/NIP
JABATAN
1.
Dra. SRI NINGSIH
NIP. 130 494 586
Kepala Sekolah
2.
ATIK SUMIYATI
NIP. 130 741 555
Guru Kelas IV
3.
TUTIK YULIANI
NIP. 131 033 961
Guru Kelas II
4.
UMI ICHWATI
NIP. 131 373 408
Guru Agama Islam
5.
JUARSIH
NIP. 131 876 103
Guru Kelas I
6.
SUYONO, SP.d
NIP. 132 081 511
Guru Kelas VI




NO.
NAMA/NIP
JABATAN
7.
DJOKO SUSILO, SP.d
NIP. 132 081 511
Guru Olah Raga
8.
SUNAJI, A.Ma
NIP. 510 143 637
Guru Kelas III
9.
KRISMI INDARTI, SP.d
NIP. -
Guru Kelas V
10.
SOELISTIJONO, SP.d
NIP. -
Guru computer/Tata Usaha Sekolah
11.
ERWIN YANITA
NIP. -
Guru BHS. Inggris Kelas 1,2,3
12.
BETIN ISMIATI
NIP. -
Guru Bantu Ketrampilan/Komputer
13

SOLAHUDIN
NIP. -
Guru Bahasa Inggris 4,5,6
14
Drs. SRIYANTO
NIP. -
Guru Seni Tari
15
DJOKO PRIADI
NIP. -
Guru Seni Musik
16
HARDI WITANTO
NIP. -
Pramuka
17
HERWAN YUWONO
NIP. -
Pramuka
18
RATIH TIMORARY
NIP. -
Pramuka
19
YULIA AMBARWATI
NIP. -
Pramuka
20
ESTER NONY  TARTANTY
NIP. -
Pramuka




3.      KEADAAN FASILITAS DAN LUAS TANAH

Untuk menampung jumlah murid sebesar 242 (data akhir sampai bulan Juli 2007) SDN. Kedungdoro III/308 menyediakan 4 ruang kelas untuk kegiatan belajar dan mengajar. Sedangkan kegiatan komputer dan tari disediakan ruang tersendiri. Untuk kebutuhan kamar mandi/wc tersedia daua kamar mandi untuk rguru dan tiga kamar kecil untuk siswa. Pengadaan air bersih berasal dari sumur yang ditunjang sanyo dalam pengoperasiannnya.
Luas tanah untuk SDN. Kedungdoro III/308 kurang lebih 1.164 M2 dengan uas bangunan kurang lebih 245 M2. Status tanah milik bersama dengan SDN. Kedungdoro II/307, ditunjang pagar tembok sebagai pembatas lingkungan sekolah dengan lingkungan masyarakat.


4.      KEGIATAN PENUNJANG SEKOLAH

Adapun kegiatan penunjang yang menjadi fasilitas SDN. Kedungdoro III/308 adalah sebagai berikut :
1.      Kegiatan UKS (Usaha Kesehatan Sekolah)
Pelaksanaan UKS dapat terlaksana dengan baik atas bimbingan Ibu Atik Sumiyati yang diberi kepercayaan untuk membina kesehatan dan kebersihan siswa-siswi SDN. Kedungdoro III/308. Dalam setiap bulannya secara berkala diadakan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan. Untuk kesehatan gigi dan kesehatan badan diadakan koordinasi dan kerjasama langsung dengan pihak Puskesmas di kelurahan Kedungdoro.

2.      Kegiatan Bimbingan dan konseling
Pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan dilaksanakan secara langsung oleh wali kelas masing-masing kelas. Dan apabila permasalahan yang timbul dianggap terlalu berat, maka kewenangan untuk memberikan Bimbingan dan konseling diserahkan kepada Kepala Sekolah.

3.      Kegiatan 5 K
Masing-masing kelas telah terbentuk regu/kelompok kebersihan dan ketertiban kelas yang bertanggung jawab penuh terhadap terciptanya kebersihan, ketertiban, keindahan, dan keamanan kelasnya masing-masing sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Wali kelas sebagai pembina kegiatan 5 K senantiasa memantau tanggung jawab dari tiap kelompok  5K tersebut setiap harinya.

4.      Perpustakaan
Sekolah menyediakan pembelajaran di luar kegiatan belajar di kelas, yaitu tersedianya Perpustakaan Sekolah yang menyediakan buku-buku cerita/pengetahuan  bermutu dan mendidik terbitan dari Balai Pustaka.  Agar siswa-siswi SDN. Kedungdoro III/308 memiliki wawasan yang luas kepekaan terhadap lingkungan sosialnya. Sebagai pembina dan pengelola perpustakaan sekolah diberikan kepercayaan tanggung jawab kepada Bpk. Djoko Susilo, SPd.





5.      Pramuka
Gerakan pramuka SDN. Kedungdoro III/308 telah menjadi gugus depan yang resmi dengan No. 284 dan banyak berprestasi dalam setiap kegiatan kepramukaan. Di dukung oleh empat orang pembina pramuka untuk Siaga dan Penggalang. Adapun jadwal latihan dan kegiatan terlaksana pada setiap hari sabtu. Sebagai Pemantau dan sekaligus pemegang tanggung jawab penuh kegiatan kepramukaan di SDN. Kedungdoro III/308 adalah Bpk. Sunaji,Ama dan Ibu Krismi Indarti, SPd.

6.      Kegiatan Ekstra Kurikuler
Adapun kegiatan ekstra kurikuler yang dapat terselenggara di SDN. Kedungdoro III/308 meliputi :
a.       Seni tari
b.      Seni musik
c.       Simpoa
d.      Komputer (berubah menjadi muatan lokal untuk kurikulum 2004/KBK)
Adapun jadwal pelaksanaan masing-masing  kegiatan disesuaikan dengan kondisi dan situasi sekolah, sehubungan dengan kegiatan pembelajaran di kelas yang jadwalnya sangat padat.


5.      TUJUAN PEMBUATAN PROGRAM KEPALA SEKOLAH

Adapun tujuan dari pembuatan program kepala sekolah adalah :
1.      Memberikan tuntunan kerja yang ada di lingkungan sekolah baik guru, siswa dan wali murid. Sehingga dapat tercapai pemufakatan serta sinkronisasi dalam melaksanakan tugas sehari-hari.
2.      Dapat melanjutkan dan menyempurnakan Program Kerja tahunan yang lalu berdasarkan realisasi keuangan serta umpan balik yang telah dilaksanakan tahun sebelumnya.
3.      Program Kerja sekolah ini dapat menunjang pelaksanaan kurikulum dan tugas-tugas lain yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan  tahun 2005-2006 sebagai landasan untuk menyusun program kerja tahun ini.
4.      Sehubungan dengan sosialisasi program-program pendidikan yang baru, dan  mulai diberlakukan di sekolah-sekolah walaupun bersifat bertahap.










BAB III
PERMASALAHAN

I. MASALAH KEPEGAWAIAN

Untuk tahun ajaran 2005-2006 pelaksanaan PMB (Penerimaan Murid Baru) telah menerima siswa baru sejumlah 46 anak di kelas satu. Sehingga keseluruhan jumlah siswa di kelas satu sebanyak 50 anak ditambah dengan siswa yang tinggal kelas. Sedangkan keselurujan jumlah siswa-siswi SDN. Kedungdoro III/308 ditahun ajaran ini sebesar 257 anak.
Dengan jumlah guru kelas sebanyak 6 orang yang terdiri dari 5 orang guru PNS dan 1 orang guru bhakti.
Untuk guru bidang studi, administrasi dan pembina ekstra kurikuler masing-masing meliputi :
·         Guru Pendidikan aagama Islam          :           1 orang (PNS)
·         Guru Pendidikan Olah Raga               :           1 orang (PNS)
·         Guru Bahasa Inggris                           :           1 orang (Wiyata Bhakti)
·         Guru Musik                                         :           1 orang
·         Guru Tari                                             :           1 orang
·         Pembina Pramuka                               :           4 orang
·         Pembina Simpoa                                 :           2 orang
·         Instruktur Komputer                           :           2 orang
·         Tata Usaha sekolah                             :           1 orang

Pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar hingga saat ini cukup lancar dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Walaupun masih ada sedikit kekurangan di dalam pembuatan dan pengadministrasian program pengajaran, pembuatan persiapan harian.
Untuk memperkecil hambatan tersebut maka diadakan KKg di setiap gugus yang dipandu oleh Pengawas/Penilik Sekolah.
Untuk mencapai target kurikulum secara mantap, khususnya kelas VI berdasar musyawarah oarang tua/wali murid , komite sSekolah dan sekolah itu sendiri maka diadakan pelajaran tambahan oleh Guru dan sekaligus Wali Kelas VI.
Adapun hambatan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar meliputi :
1.      Pembuatan satuan pelajaran yang belum sesuai dengan GBPP terutama didalam menentukan tujuan pembelajaran.
2.      Guru yang masih kebanyakan bermetodekan ceramah di dalam pembelajarannya.
3.      Pembuatan persiapan harian masih kurang mantap oleh beberapa guru.
4.      Guru masih belum dapat mengembangkan materi dari GBPP.
5.      Penggunaan waktu belajar yang belum maksimal
6.      Bagi guru yang tidak dapat hadir, sering terlalaikan didalam pelimpahan tugas dan amanat kepada guru piket/penggantinya.


II. MASALAH KESISWAAN

Kondisi ekonomi orang tua siswa mayoritas di wilayah sekolah kami adalah kurang mampu, sehingga kesadaran akan perlunya belajar dan sekolah bagi putra-putrinya masih sangat minim.
Hal ini yang menjadi faktor penghambat kemajuan sekolah kami. Adapun faktor-faktor tersebut meliputi :
1.      Kurangnya rasa disiplin pada anak, sehingga rasa tanggung jawab rendah sekali.
2.      Karena mereka mayoritas dari golongan orang yang tidak mampu, maka pembayaran uang sekolah sering tersendat-sendat sehingga sangat berpengaruh pada pengoperasionalan biaya sekolah kami.
3.      Latar belakang pendidikan orang tua/wali murid mayoritas hanya tamatan Sekolah Dasar atau ada yang tidak sekolah, maka mereka kurang dapat memberikan motivasi belajar, perhatian dan bimbingan kepada putra-putrinya untuk belajar di rumah.

III. PROFESIONALISME

a.       Untuk pembinaan profesional melalui :Upacara bendera setiap hari Senin, tugas bergantian antara Kepala Sekolah dan Guru.
b.      Jumlah Guru sudah sesuai dengan jumlah keseluruhan siswa Kenaikan tingkat maupun kenaikan berkala sudah dapat berjalan dengan lancar, untuk meningkatkan kesejahteraan Guru dibentuklah koperasi Sekolah.
c.       Rapat koordinasi dan evaluasi Guru diadakan pada setiap akhir bulan, yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja guru di dalam pelaksanaan program pendidikan di sekolah. Disamping mencari faktor timbulnya permasalahan secara bersama, yang pada akhirnya dapat diperoleh alternatif jalan pemecahannya.
d.      Supervisi tiap kelas, dilaksanakan mulai tahun ajaran ini pada akhir bulan September 2004 (setiap tiga bulan sekali) oleh Kepala sekolah untuk memantau pelaksanaan program pengajaran, persiapan satuan pengajaran/persiapan harian oleh guru, dan kelengkapan administrasi kelas.
e.       Penataran guru. Untuk hal-hal yang sangat prinsipil dan mendasar dilaksanakan secara gabungan dalam satu kecamatan ataupun gugus sekolah, yang nantinya akan disampaikan tindak lanjutnya oleh Kepala Sekolah kepada para Guru Pengajar.
f.       Perpusatakaan Sekolah. Mulai tahun ajaran baru 2005-2006, sekolah kami telah dapat melaksanakan program gemar membaca bagi siswa-siswi kelas III sampai dengan kelas VI di perpustakaan sekolah. Dengan tujuan agar siswa memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas sebagai penunjang ilmu yang diperolehnya di dalam kelas.
g.      Karyawisata. Untuk kegiatan yang satu ini sifatnya temporer yaitu disaat perpisahan dan pelepasan siswa kelas VI yang lulus sekolah, disamping program kegiatan yang dianjurkan untuk diikuti oleh sekolah baik ranting maupun kecamatan (seperti kegiatan perkemahan dalam kepramukaan)









IV. ADMINISTRASI SEKOLAH

            Untuk pembenahan administrasi sekolah dilakukan oleh tenaga ketatausahaan sekolah, baik    
     pembuatan jadwal, laporan, surat-menyurat, pengarsipan maupun perbaikan (revisi) peralatan dan perlengkapan administrasi.


V. KEUANGAN SEKOLAH

Keuangan BP3 ditangani oleh seorang bendahara sekolah yang ditunjuk oleh Kepala Sekolah atas persetujuan bersama seluruh rekan Guru. Sedangkan keuangan yang berupa bantuan dari Pemerintah dikelola langsung oleh Kepala Sekolah seperti DBO, DPP-SD, Biaya Minimal, maupun bea siswa yang diperoleh dari lembaga sosial lainnya.
Yang merupakan faktor penghambat bagi pemasukan keuangan sekolah tiap bulannya terletak pada tersendat-sendatnya pembayaran uang sekolah pada siswa.karena mayoritas siswa SDN.Kedungdoro III No. 308 adalah ekonomi rendah.

VI. PERLENGKAPAN GEDUNG

Pada umumnya kondisi gedung SDN Kedungdoro III/308 dalam keadaan cukup baik. Akan tetapi masih ada saja kerusakan kecil yang terjadi di beberapa ruangan, khususnya ruang komputer dan gudang. Kondisi tersebut akan semakin diperparah apabila waktu musim penghujan.
Untuk kegiatan menari siswa, pada tahun ajaran 2003-2004 masih bergantian ruangan dengan kegiatan ekstrakurikuler komputer. Mulai tahun ajaran 2004 – 2005 kegiatan menari tersebut akan diselenggarakan di halaman sekolah yang cukup panas. Oleh karena itu perlu disediakan tempat khusus bagi kegiatan tari tersebut.














BAB IV
PRIORITAS DAN LANGKAH PROGRAM

I.                   EDUKASI

Langkah-langkah yang kami lakukan sebagai berikut :
1.      Memantapkan pelaksanaan Kurikulum Sekolah Dasar 1994
2.      Mengintensifkan alat peraga sebagai pendukung pengajaran
3.      Mengintensifkan buku paket dan penunjang dalam pembelajaran
4.      Meningkatkan supervisi kelas
5.      Melaksanakan ulangan tengah semester (UTS) dan ulangan akhir semester (UAS)
6.      Meningkatkan kemapuan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar

II.                KESISWAAN

Langkah-langkah yang dapat kami lakukan sebagai berikut :
1.      Melaksanakan program bimbingan dan Penyuluhan (BP)
2.      Menyalurkan program kurikulum
3.      Menyalurkan program kurikuler
4.      Melaksanakan kegiatan penunjang, yang meliputi :
·         Perpustakaan sekolah
·         Koperasi sekolah
·         Tabungan siswa
·         Sumbangan kawan asuh
·         Seni tari
·         Seni musik
·         Pramuka
·         Komputer
·         Simpoa
·         Kegiatan keagamaan
·         Karya dan darmawisata




III.             PERSONALIA

Langkah-langkah yang dapat kami lakukan sebagai berikut :
1.      Pembinaan profesional melalui :
·         Upacara bendera
·         Supervisi kelas
·         Penataran
·         KKG
·         Perpustakaan sekolah
·         karyawisata
2.      Memantau kenaikan gaji dan golongan kepangkatan guru
3.      Meningkatkan kesejahteraan guru melalui koperasi

IV.             PERALATAN DAN PERLENGKAPAN SEKOLAH

Langkah-langkah yang dapat kami lakukan sebagai berikut :
1.      Mengadakan inventarisasi buku pelajaran
2.      Mengatur perpustakaan murid/guru sebagai berikut :
a.       menyelesaiakan inventarisasi buku-buku perpustakaan di dalam buku induk
b.      labelisasi dan klasifikaso buku-buku perpustakaan
c.       pengorganisasian sistem peminjaman buku ke siswa
3.      Mengadakan inventarisasi alat peraga
4.      Mengadakan inventarisasi alat pelajaran

V.                ADMINISTRASI DAN KEUANGAN

A.    Menata arsip secara kelompok :
·         Pengajaran
·         Kesiswaan
·         kepegawaian
·         peralatan gedung dan perlengkapan sekolah
·         keuangan
·         hubungan sekolah dan masyarakat
·          

B.     Melengkapi format-format administrasi keuangan sekolah sebagai berikut :
·         Mengontrol penerimaan uang sekolah
·         Membukukan keuangan sebagai amanah negara
·         Mengelola keuangan
·         Membukukan dana DPP-SD

VI.             HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT

Langkah-langkah yang dapat kami laksanakan adalah sebagai berikut :
1.      Mengadakan kerjasama antarsekolah dalam bidang :
a.       Penerimaan murid baru
b.      Upacara bendera
c.       Senam pagi
d.      Pembinaan profesi dan edukasi bagi guru-guru
e.       Hubungan kerjasama dalam bentuk yang lainnya
2.      Mengadakan hubungan antarsekolah dan komite sekolah
3.      Mengadakan hubungan antara sekolah dengan orang tua wali murid
4.      Mengadakan hubungan antara sekolah dengan masyarakat sekitar

VII.          LAIN-LAIN

Langkah-langkah yang dapat kami laksanakan sebagai berikut :
1.      Pelaksanaan 5 K
2.      Pembinaan wawasan wiyata mandala
3.      Usaha kesehatan sekolah
4.      Lomba prestasi, seperti :
a.       Lomba mata pelajaran
b.      Lomba Siswa dan Guru teladan
c.       Lomba Kepramukaan
5.      Kegiatan kepramukaan di tingkat kecamatan.

           



BAB IV
PROGRAM KERJA SEKOLAH


No
PROGRAM
KEGIATAN
SASARAN
WAKTU
1
UMUM
A. Mengadakan Rapat :




     1. Rapat awal tahun ajaran baru
Guru
Awal Tahun


     2. Rapat koordinasi tiap bulan
Guru
Akhir Bulan


     3. Rapat akhir semester
Guru/Wali Murid
Akhir semester


     4. Rapat UAS Kelulusan Siswa Kls VI
Wali murid Kls VI
Menjelang UAS


B.  Rapat Akhir Tahun :




      1. Mengadakan penataran
Guru



      2. Liburan sekolah
Siswa/Guru/KS



      3. Hardiknas/Porseni
Guru/Siswa



      4. Perpisahan Siswa kls VI
Guru/Wali Murid
Akhir Tahun


      5. Karyawisata
Guru/Wali Murid
Akhir Tahun
2
EDUKASI
1. Jadwal Pelaksanaan UTS




2. Melaksanakan UTS 2x /semester
Siswa



3. Melaksanakan UAS kelas VI
Siswa



4. Pembagian Raport
Siswa
Akhir Semester
3
KESISWAAN
1. Penerimaan Murid Baru
Orang tua Siswa
Awal tahun


2. Pelaksanan Program BP
Siswa bermasalah



3. Penyaluran Prog. Kurikuler
Guru/Siswa



4. Penyaluran Prog. Ekstra Kurikuler
Siswa

4
PERSONALIA
1. Mengusulkan formasi /Kenaikan  Pangkat
Guru



2. Peningkatan kesejahteraan
Guru/Staf



3. Personalia
Guru/Staf



4. Pembagian Tugas Guru
Guru

5
ADMINISTRASI
1. Kearsipan
TU



2. Mengontrol Penerimaan Dana
Guru/Bendahara



3. Surat Pertanggung Jawaban
TU



4. Kelengkapan administrasi Sekolah
TU



5. Absensi dan Kehadiran
Guru/Siswa

6
AKOMODASI
1. Inventarisasi buku/alat peraga
Guru



2. Mengaktifkan minat baca perpustakaan
Siswa



3. Kebersihan
Guru/Siswa



4. Penghijauan
Guru/Siswa/Masy

7
HUMAS
1. Pertemuan Sekolah dengan Komite sek.
KS dan Komite



2. Pertemuan dengan Wali Murid
KS/Komite/Wali Mrd



3. Kerjasama Sekolah dengan Masyarakat
Masyarakat



4. Kerjasama sekolah dengan LSM lain
Sekolah/LSM

8.
LAIN-LAIN
1. Pelaksanaan 5 K
Siswa/Guru



2. Pembinaan Wiyata Bhakti
Guru Wiyata Bhakti



3. Pembinaan UKS
Siswa



4. Lomba Mata Pelajaran
Soswa



5. Kegiatan Pramuka
Siswa



6. Koperasi Sekolah
Siswa



7. Lomba Kesenian dan Olah Raga
Siswa








                                                                                                                                                                        Surabaya, 18 Juli 2005
                                                                                                                                                            Kepala SDN. Kedungdoro III/308




                                                                                                                                                                        Dra. SRI NINGSIH
                                                                                                                                                                         NIP. 130 494 586






BAB V
PROGRAM POKOK DAN PELENGKAP



Program Pokok dan Pelengkap merupakan bagian dari Program Sekolah yang melengkapi seluruh dari program-program sekolah yang harus semaksimal mungkin dapat terealisasi dalam pelaksanaannya.

Khususnya dalam realisasi pelaksanaannya di awal-awal tahun penyelenggaraan pendidikan di sekolah yang bersangkutan.

Adapun materi utama dari Program Pokok dan Pelengkap sekolah meliputi  :
·         Penerimaan murid Baru (PMB)
·         Pelaksanan Musyawarah Komite Sekolah dengan Orang Tua/wali Murid Siswa Baru
·         Hasil Keputusan Musyawarah Komite Sekolah
·         Rencana Penggunaan Dana sumbangan Siswa Baru
·         Rencana Anggaran Belanja Sekolah dalam satu tahun

Penerimaan Siswa Baru (PMB)

Pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru dapat terlaksana pada bulan terakhir tahun ajaran 2004-2005 di pertengahan  bulan Juni 2005 dengan sistem seleksi , mengingat jumlah pendaftar melebihi dari pagu yang ditetapkan oleh sekolah.
Adapun jumlah pendaftar sebanyak 50 orang siswa dan yang dapat diterima sebanyak 46 orang siswa. Mengingat adanya tambahan dari 4 orang siswa yang masih tinggal di kelas satu.
Sistem seleksi yang diterapkan kepada siswa baru yang mendaftar adalah :
1.      Kemampuan berbahasa/berkomunikasi, bagamana siswa mampu menginformasikan nama, alamat, nama orang tua, berasal dari TK mana, dan lain-lain.
2.      Kemampuan menulis, bagaimana siswa dapat menuliskan jawaban dari kemapuan berbahasa tersebut di atas dalam secarik kertas.
3.      Kemampuan berhitung, bagaimana siswa dapat menguasai kemampuan dasar berhitung yaitu menjumlah dan mengurangi sebuah perhitungan.

Sistem seleksi tersebut diterapkan di SDN. Kedungdoro III/308 dikarenakan :
1.      Daya tampung yang terbatas karena di kelas baru hanya memiliki 1 rombongan belajar
2.      Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang diberlakukan di sekolah-sekolah secara bertahap di kelas pertama membutuhkan perhatian yang serius bagi guru/ wali kelasnya.



Untuk lebih jelasnya PMB dapat dilihat pada tabel di bawah ini :

JUMLAH
PENDAFTAR
SISWA
DITERIMA
SISWA MENGULANG
JUMLAH
SISWA
1
2
3
4
50
46
4
50


Sumber : Data Penerimaan Siswa Baru
                Tahun ajaran 2005-2006









 
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Admin Blog :

Creator, Browser and Modelling :

1. SOELISTIJONO, S.Pd (Tata Usaha)

PENASEHAT :

1. Dra. SRI NINGSIH (Kepala Sekolah)
2. ATIK SUMIYATI, S.Pd (Bendahara)


ANGGOTA :

1. UMI ICHWATI, S.Pd.i (Guru Agama)
2. JUARSIH, S.Pd (Guru Kelas I)
3. SUYONO, S.Pd (Guru Kelas IV)
4. DJOKO SUSILO, S.pd (Guru Penjas Orkes)
5. SUNAJI, S.Pd (Guru Kelas V)
6. KRISMI INDARTI, S.Pd (Guru Kelas VI)
7. BETIN ISMIATI, S.Pd (Guru Kelas III)
8. SHOLAHUDDIN, S.S (Guru Bhs. Inggris)
9. ERWIN YANITA, S.Pd (Pembina Komputer)
10. INDAH MURNI. I, S.Si (Pengelola Perpustakaan)
11. Drs. SRIYANTO (Pembina Seni Tari)
12. DJOKO PRIJADI (Pembina Seni Musik)
13. ESTER NONI (Guru Agama Kristen)

General View :


Additional informatio

Link Referensi :

Pengikut